Minggu, 07 Juli 2013

Shironuri - Dark Street Fashion

  
こんにちは

Tomodachi chan, Let’s talk about Shironuri ^^




Shironuri (白塗り) secara harfiah berarti ‘dicat dalam warna putih’. Ini mengacu pada tradisional make-up yang digunakan oleh para geisha dan aktor kabuki. Shironuri biasa disebut juga dengan ‘shiro mamba’ (white mamba) karena menggunakan make-up yang berat seperti Yamamba tapi dengan warna yang sebaliknya.



Komunitas shironuri tidak sama dengan komunitas muda-mudi di Harajuku. Mereka memiliki pertemuan & pesta tersendiri, itu mengapa mereka jarang muncul dalam situs-situs foto seperti ‘Tokyo Fashion’. Pengecualian pada Uri yang sering menghadiri event-event seperti Pop n Cute dan Minori yang sering ditemui di jalan umum Harajuku.

Sementara komunitas Harajuku yang lain berlokasi di area Tokyo Harajuku – Shinjuku, komunitas shironuri sangat kuat di area Kansai (Osaka – Kobe –Kyoto – Nara). Namun ada juga big gathering shironuri di area Tokyo.


Inspirasi

Fashion shironuri terinspirasi dari banyak sumber. Sehingga tidak ada aturan khusus kecuali menggunakan make-up putih yang berat. Apapun outfit yang digunakan, jika menggunakan make-up shironuri dapat di katakan sebagai ‘Shironuri’.


Jika kebanyakan fashion style di Jepang terinspirasi dari fashion area barat (western clothing) shironuri menggunakan elemen tradisional Jepang. Kimono, hakama dan geta kadang menjadi bagian dari outfit shironuri. Namun, gaya tradisional di era Showa sangat berpengaruh pada fashion shironuri. Gakuran, seragam pelaut (sailor fuku), seragam militer dan bendera perang Jepang. 



Fashion eropa seperti gothic, bisa menjadi elemen dalam fashion shironuri. “Antique doll” (boneka antik) sangat populer pada shironuri. Begitu juga denga aristocrat-shironuri.

Beberapa individual shironuri juga memiliki sub-style (gaya) mereka sendiri. Seperti Uri dengan Decora-Shironuri dan Minori dengan Fairy Garden (Nature) nya. Ada juga Bazookistan (shironuri model) dengan Cyber-Tradisional nya.

Daftar inspirasi yang umum : Grotesque (fantastis dan mengerikan), monster, youkai, inugami, folklore, circus, grand guignol, horor, uniform, black star, japanese war, bendera, eclipses, BJD (ball jointed doll), gothic, cross, jester, badut, bajak laut dan gore.



Make-up


                                               
Okay, elemen penting dalam shironuri adalah make-up mereka! Dan untuk make-up shironuri sendiri, berikut akan saya jelaskan ^^. I think we can used this make-up untuk pesta hallowen atau untuk beberapa cosplay.  Make-up ini tidak sesulit yang tomodachi chan bayangkan. Kita hanya membutuhkan :
** Foundation, putih (Stage Foundation, padat) 
** Compact powder, putih (bedak padat)
Gunakan dan buat sampai menjadi (seperti) topeng di area wajah dan leher. Saat ingin menggunakan foundation, basahi spon dengan air terlebih dahulu lalu aplikasikan ke area wajah dan leher. Usahakan warna kulit wajah tertutup dengan warna putih (termasuk bibir) dan jangan mengulang-ngulang memoleskan foundation di area yang sama. Jangan gunakan foundation yang memiliki kesan berkilau.
** Eyeshadow (warna disesuaikan)
** Eyeliner hitam
** Fakelashes yang unik
Warna-warna eyeshadow dapat disesuaikan dengan outfit minna-chan. Gunakan alat-alat make-up di atas sesuai kreatifitas dan wajah seperti apa yang ingin minna-chan ciptakan. Karena make-up shironuri memiliki efek merubah wajah yang sangat kuat. Usahakan menggunakan eyeliner hitam tersebut dengan sangat rapi. Juga pilihlah bulu mata palsu yang memiliki desain yang unik.


** Lipstick
Kebanyakan make-up shironuri menggunakan warna lipstik yang tidak natural seperti : hijau – abu abu – hitam – merah darah dan biru. Tapi minna-chan bisa menggunakan warna yang diinginkan.

Selain itu, kontak lens sepertinya menjadi must-have-used atau item yang harus digunakan oleh shironuri. And see? Make-up ini tidak sesulit/seberat yang dikira dan tidak banyak menggunakan alat make-up. Simple but give adorable impact!

Popular Shironuri Model & Icon

♥♥ MINORI ♥♥


Minori paling sering dijumpai di jalan umum Harajuku. Yes! Ia berkeliaran di area Harajuku dengan gaya shironurinya. Minori merupakan model shironuri yang paling terkenal di Jepang dengan konsep ‘Fairy-Garden’ atau 'Fairy Of Nature' (Peri Alam) yang melekat dalam imej shironurinya. Seluruh desain outfit yang ia gunakan adalah hasil dari kreatifitasnya sendiri begitupun dengan konsep make-up nya.



Website :
Twitter :
Tumblr :

♥♥ U R I ♥♥


Uri adalah model cowok milik Harajuku dan Shironuri. Ia menggabungkan konsep Harajuku fashion dengan shironuri. Uri sangat terkenal dengan konsep Decora-shironurinya. Ia sering hadir dalam event-event kawaii fashion di Jepang.

♥♥ BAZOOKISTAN ♥♥


Bazookistan (namanya unik) terkenal dengan konsep shironuri cyber-future dengan menambah elemen tradisional dalam fashionnya. Ia sering menggunakan wig pendek dan make-up nya seperti seorang geisha.

♥♥ TSUNOSHI ♥♥


Yang menjadi ciri khas Tsunoshi adalah konsep ‘obachan’ (nenek-nenek) dan old-fashionnya. Ia sering menggunakan aksesoris buatan tangan. Tsunoshi memanggil dirinya sendiri dengan “Penyihir Gendut” yang tidak bisa melakukan trik sulap namun kerajinan tangan dan pintar menggambar. Ia sangat dikenal di kalangan shironuri dan sering menjadi organizer ‘shironuri gathering’.


♥♥ N. 96 ♥♥


Shironuri yang satu ini terkenal dengan konsep ‘monster’ nya. Walaupun ia adalah seorang cewek. Semua make-up dan detailnya adalah hasil kreasinya sendiri.

Twitter :

♥♥ KAZE TAKA ♥♥



Kaze Taka sangat mudah dikenal dengan topi seperti-tengkorak-burung yang tak pernah lepas darinya. Selain menghadiri pertemuan shironuri, ia juga tampil bersama ‘Tokyo Decadance’.

Twitter :


So yeah.. That’s all from me ^^ . Hope you enjoy dan like it ;3
Like Megumi Fantasy Blog?
Ur support means a lot to me


Arigatou tomodachi chan ^^


                     [ PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS]

Credits & Image © : pop-kakumei & shironuri tumblr (minori & others)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar